ARTI QOLBUN SALIM

 

QOLBUN SALIM


Arti Qolbun Salim Menurut Bahasa dan Istilah

(Oleh :Dr.Sukarmawan,M.Pd.)

Jika Anda kerap mendengarkan kajian islami mungkin sudah tidak asing dengan arti qolbun Salim. Ini merupakan istilah merujuk pada kondisi hati yang suci, bersih dan selamat dari hal-hal perusak seperti penyakit hati. Hati yang bersih merupakan cerminan dari tingkah laku dan tutur kata baik. Hati yang suci dan bersih mendorong seseorang untuk selalu berbuat baik dan mengingat Allah SWT. Maka dari itu, selalu menjaga hati untuk tetap bersih harus senantiasa dilakukan.

Meskipun istilah qolbun Salim sudah tidak asing bagi sebagian besar umat muslim. Akan tetapi, belum tentu semua memahami dengan baik apa arti dari qolbun Salim yang sesungguhnya. Maka dari itu, simak ulasan berikut untuk mengetahuinya :

Arti Qolbun Salim Secara Bahasa dan Istilah

        Qolbun Salim secara bahasa berasal dari dua kata yaitu Qolbunyang berarti hati dan Salimartinya selamat, bersih, suci dan lurus. Jika kedua kata ini digabung, maka membentuk arti ‘hati yang lurus, suci, bersih dan ikhlas. Orang dengan qolbun Salim akan ikhlas dalam segala gerak, perbuatan, pikiran da perasaan hanya tertuju kepada Allah SWT. Dari arti kata tersebut, qolbun Salim bisa diartikan sebagai hati yang memiliki spiritualitas sangat tinggi sehingga sangat peka terhadap Asma Allah dan ayat Al-Quran. Sedangkan secara istilah, arti qolbun Salimmemiliki beberapa makna di antaranya yaitu :

1.         Qolbun Salim memiliki arti salamatul qalb ‘anisy-syirk awil-aqaid al-fasidah yaitu selamatnya hati dari kepercayaan yang sesat. Hati yang sehat selalu memiliki kaidah yang lurus dan benar serta bebas dari segala bentuk kemusyrikan.

2.               Qalbun Salim berarti salim min amradhil-qulub, atau hati yang bersih dari penyakit hatiQalbun Salim berarti sebagai hati yang sehat dan mempunyai kesempurnaan serta kekuatan melakukan tugas dan fungsinya sebagai manusia ciptaan di dunia. Dalam hal ini, fungsi utama hati dalam arti qolbun Salim adalah untuk mengenal Allah SWT. Selanjutnya qalbun salim akan menggerakkan pemilik hati untuk mewujudkan keimanan dalam kehidupan sehari-harinya. Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda:”At taqwa ha huna, Takwa itu di sini”. Beliau menunjukkan dada sebanyak tiga kali.

Pentingnya Qolbun Salim dalam Menjalani Hidup

Memiliki hati yang bersih, lurus dan suci mampu memberikan kehidupan lebih baik. Dengan hati yang bersih, semua hal dilakukan dengan tujuan untuk Allah SWT sehingga langkah akan terasa lebih ringan dan iklas. Di dalam ruh manusia dari arti Qolbun Salim ini terdapat spirit yang mampu menggerakkan kesadaran manusia untuk melakukan apa pun. Tidak hanya itu, spirit tersebut juga menggerakan kesadaran, kesengajaan hingga niat kuat untuk bekerja keras mempertahankan hidup keluarga. Tujuan dari hal tersebut adalah agar bisa mencapai kebahagiaan sesuai dengan yang disyariatkan agama dan juga ketentuan-ketentuan hukum lain. Dengan cara seperti ini, Anda bisa memperoleh kebahagiaan yang hakiki. Orang yang hatinya kosong dan tidak memahami arti Qolbun Salim dari kesadaran tentang kepentingan hidup, tidak akan memiliki rasa bekerja keras untuk hidup sesuai dengan tuntutan syariat serta hukum. 

Qolbun Salim memiliki peran yang penting dalam kehidupan manusia. Dengan memiliki hati yang bersih, segala sesuatu dilakukan berdasarkan kecintaan terhadap Allah sehingga langkah untuk menjalani hidup juga menjadi lebih mudah dan berkah. 

Jika ingin hidup lebih baik dan bermanfaat, pastikan Anda memiliki hati yang lurus dan bersih terlebih dahulu. Dengan mengetahui arti Qolbun Salim, seseorang akan memiliki kedekatan yang bagus kepada Allah SWT sehinga langkah hidupnya akan lebih baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONSEP PERNIKAHAN DALAM PANDANGAN ISLAM

NASEHAT INDAH GUNA MENJAGA KEHARM0NISAN DALAM KELUARGA

5 RESEP DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA ISLAMI