TAUJIH RUKHIYAH

 


TAUJIH RUKHIYYAH


TAUJIH RUKHIYAH (PENJERNIH QOLBU)

MEMBENTUK PRIBADI

YANG CERDAS SPIRITUALITAS

Oleh : Dr.Sukarmawan,M.Pd

Mengajak manusia menuju agama Allah merupakan salah satu ibadah yang mulia. Bahkan dakwah menuju agama Allah merupakan perkataan yang paling baik. Allah Azza wa Jalla berfirman:

وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلاً مِّمَّن دَعَآ إِلَى اللهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَقَالَ إِنَّنِى مِنَ الْمُسْلِمِينَ

“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru menuju Allah, mengerjakan amal yang shalih dan berkata: “Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri”. [Fushshilat:33].

Sesungguhnya para ulama sepakat bahwa dakwah menuju agama Allah hukumnya wajib. Hal ini berdasarkan perintah Allah untuk berdakwah sebagaimana terdapat di beberapa tempat di dalam Al Qur`an.

وَلْتَكُن مِّنكُمْ أُمَّةُُ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَأُوْلاَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

“Dan hendaklah ada dari kamu satu umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar; mereka adalah orang-orang yang beruntung”. [Ali Imran:104].

اُدْعُ إِلَى سَبِيْلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِيْ هِيَ أَحْسَنُ

“Serulah (manusia) kepada jalan Rabb-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik”. [An Nahl:125].

وَلاَ يَصُدَّنَّكَ عَنْ ءَايَاتِ اللهِ بَعْدَ إِذْ أُنزِلَتْ إِلَيْكَ وَادْعُ إِلَى رَبِّكَ وَلاَ تَكُونَنَّ مِنَ الْمُشْرِكِينَ

“Dan janganlah sekali-kali mereka dapat menghalangimu dari (menyampaikan) ayat-ayat Allah, sesudah ayat-ayat itu diturunkan kepadamu, dan serulah mereka ke (jalan) Rabb-mu, dan janganlah sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang mempersekutukan Rabb”. [Al Qashshash:87].

كُنتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللهِ

“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah”. [Ali Imran:110].

Mengingat tugas Da’wah begitu mulia di sisi Allah swt dan adanya keluangan waktu penulis saat mengemban tugas sebagai Sekretrais Kecamatan Bojongmangu sejak 13 Pebruari 2013 sampai dengan 31 Desember  2014 dan dimutasi sebagai Sekretaris Kecamatan Setu kemudian dimutasi kembali sebagai Sekretaris Kecamatan Cikarang Selatan selama hampir 2 tahun dan sampai dengan sekarang ini,sudah hampir 2 tahun lamanya menjadi sekretaris Kecamatan Cibarusah,  penulis termotivasi untuk mengoptimalkan tugas pembinaan terhadap Aparatur Kecamatan dengan pendekatan Da’wah. Selama 10 tahun lebih menjalankan tugas menjalankan tugas sebagai Sekretaris Kecaamatan yang salah satu TUPOKSI nya adalah melakukan pembinaan terhadap Aparatur Kecamatan (menerima pendelegasian dari Camat) dengan pendekatan Da’wah (Spiritualisasi) maka begitu banyak materi keislaman yang berserakan dalam lembaran-lembaran kertas (Potongan Kertas) maupun dalam buku kerja/ buku catatan harian. Guna menambah Kapasitas Penulis dalam melakukan Pembinaan ASN melalui Pendekatan Da’wah Islam maka sejak tahun 2015 hingga saat ini, Penulis mendaftarkan diri sebagai Mahasiswa (Mustami’/Penyimak) pada Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin (STIU) Darul Hikmah yang berada di Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat.

Penulis menyadari pentingnya untuk mengumpulkan materi-materi Tausyiah/Taujih Rukhiyah yang telah Penulis jadikan sebagai materi pembinaan Mentalitas dan Spiritualitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kecamatan selama menjalankan tugas sebagai Sekretaris Kecamatan. Awalnya, Penulis ingin menjadikan kumpulan materi Taujih/ Tausyiah selama 10 tahun menjalankan tugas sebagi Sekretaris Kecamatan itu menjadi Buku Saku bagi seluruh Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi. yang berjudul  “TAUJIH RUKHIYAH (PENJERNIH QOLBU) MEMBENTUK APARATUR YANG CERDAS SPIRITUALITAS”. Akan tetapi, dengan adanya beberapa keterbatasan dalam diri Penulis dan harapan Penulis agar kumpulan Taujih/Tausyiah ini bermanfaat/bermaslahat untuk semua orang/Pembaca maka secara bertahap Penulis mempostingnya melalui Blog Pribadi Penulis dengan domain kustom “gudanginspirasi.com” dengan perubahan Judul Artikel Utamanya “TAUJIH RUKHIYAH (PENJERNIH QOLBU) MEMBENTUK PRIBADI YANG CERDAS SPIRITUALITAS”.

Akhirnya, ucapan terima kasih patut juga penulis sampaikan kepada istri tercinta, Dra.Hidayati, M.Pd. yang telah memberikan dukungan/motivasi kepada penulis untuk tetap bersemangat dalam mengemban tugas sebagai Sekretaris Kecamatan dengan penuh keikhlasan berapun lamanya (walaupun sampai masa Purnabakti) tanpa mengharapkan apresiasi berupa promosi jabatan. Semoga saja, karya yang relatif sederhana ini akan memberikan dampak atau pengaruh positif dalam upaya membentuk  pribadi yang CERDAS SPIRITUALITAS yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas kerja dalam menjalankan Tugas Pokok dan Fungsinya (TUPOKSI) kita masing-masing. Wassalam. BangOne69/ Putra Bekasi Asli

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONSEP PERNIKAHAN DALAM PANDANGAN ISLAM

NASEHAT INDAH GUNA MENJAGA KEHARM0NISAN DALAM KELUARGA

5 RESEP DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA ISLAMI