Hati yang Bersih dapat Menyelamatkan dari Masalah

 

Hati yang Bersih dapat Menyelamatkan

dari Masalah

(Oleh : Dr.H.Sukarmawan,M.Pd.)

HATI YANG BERSIH DAPAT MENYELESAIKAN MASALAH

Hati yang bersih adalah keinginan bagi seluruh manusia. Semua kegiatan sehari hari akan terasa lancar dan berkah. Tetapi itu semua perlu dipelajari lebih lanjut.

Jika Anda memilik idola para alim ulama, tentunya akan melihat bagaimana ketulusan atas yang telah dilakukan olehnya. Dapat dibayangkan jika semua kegaitan dilakukan dengan ikhlas, maka akan timbul rasa tenang.

Memiliki jiwa suci adalah impian semua orang untuk mencapai tujuan hidup yang seutuhnya. Anda dapat mempelajarinya melalui kajian kajian di berbagai majelis.

Keutungan Memiliki Hati yang Bersih

Ada beberapa kitab karangan ulama menjelaskan tentang berbagai dosa yang sebenarnya pernah dilakukan. Seperti mengatakan perkataan dengan menggunakan nama hewan kepada salah seorang muslim. Itu dapat dikatakan telah murtad dari agama islam.

Mengapa seperti itu? Pembahasan ini ada di dalam kitab sulam taufik. Dari kasus tersebut termasuk ke dalam murtad perkataan. Di mana seorang pelaku harus mengucapkan syahadat dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi.

Tentunya untuk memiliki hati yang bersih perlu melewati beberapa rintangan berat. Mulai dari menerima celaan orang lain, perlakuan buruk, bahkan terkena serangan fitnah. Memang perlu kesabaran yang kuat dalam mempelajarinya.

Anda pernah melihat para ulama dihina? Tapi kenapa mereka tidak marah dan membalasnya dengan serupa. Karena beliau para ulama tidak pernah merasakan hal negatif pada seseorang, biasa disebut dengan berbaik sangka atau husnudzan.

Ketika seseorang memiliki hati yang bersih berbagai masalah akan terus terselesaikan dengan baik. Sangat dipastikan tanpa adanya rasa dendam atau amarah yang akan terlempar pada pelaku.

Banyak contoh yang bisa diambil dari kehidupan para ulama. Mulai dari kesabaran yang sangat tinggi dalam menghadapi segala permasalahan. Itu semua karena belajar dari sumbernya yaitu Rasulullah SAW. Anda dapat mempelajarinya diberbagai kitab hadis yang sudah ada.

Hati yang bersih akan menyelesaikan berbagai masalah hati. Terutama bagi seorang yang memiliki jiwa emosi negatif tinggi, sangat mudah untuk marah. Dengan mempelajari membersihkan jiwa, tentunya akan menghasilkan jiwa lebih tenang.

Cara Mendapatkan Hati yang Bersih Agar Mendapatkan Ketenangan

Rasulullah SAW adalah panutan bagi seluruh alam. Termasuk umatnya yaitu kita selaku umat nabi muhammad SAW. Beliau memiliki jiwa kesabaran yang tinggi. Dari banyaknya kasus penghinaan kepada nabi, nabi terus berbuat baik kepada pelakunya.

Sehingga pelakunya tersebut mengucapkan kedua kalimat syahadat dan masuk agama islam. Untuk itu hati yang suci sangat berperan besar pada aspek kehidupan. Berikut cara bagaimana memiliki jiwa suci sesuai dengan ajaran agama.

1.    Menjauhkan Media Sosial atau Konten Negatif

Pada zaman modern ini segala perlakuan dan kegiatan manusia dapat dilihat oleh siapa saja. tentunya segala aspek positif dan negatif terdapat pada media online tersebut. Membuat hati ini terkadang merasakan dampaknya juga.

Anda pasti pernah melihat sebuah konten yang tidak layak ditonton atas aturan agama islam. Tentunya itu semua akan melahirkan mindset dan hati yang rusak.

Jika menginginkan hati yang bersih, alangkah baiknya jika menjauh segala hal negatif. Termasuk dalam menggunakan media sosial. Carilah konten positif, seperti dakwah islam.

2.    Menjaga Pandangan

Tentunya ketika Anda mempelajari agama islam, dituntut untuk menjaga pandangan. Baik dalam memandang lawan jenis maupun melihat hal yang tidak semestinya ditonton.

Hati yang bersih dilahirkan dari perlakuan positif. oleh karena itu taatilah semua perintah Allah. Anda dapat mempelajarinya di sumber utama. yaitu, kitab suci alquran dan hadis nabi SAW.

3.    Menjaga Ucapan, Hati

Semua ajaran islam mengandung energi positif bagi yang patuh terhadapnya. Pastinya ketika belajar agama islam akan didorong untuk berbuat baik kepada seluruh manusia. Sekalipun pelakunya jahat pada diri Anda.

Dengan menjaga ucapan dari perkataan negatif, seperti membicarakan keburukan orang. Itu semua akan menyebabkan dampak positif bagi kehidupan dan melahirkan ketenangan dalam hati.

Sama halnya dengan hati. Harus terjaga dari godaan syaitan terkutuk. Seperti ada rasa dendam dan amarah pada seseorang. Itu semua harus menggunakan hati bersih.

Ketika ingin menjadi muslim yang sesungguhnya, Anda akan merasakan sebuah kenikmatan yang hakiki. Itu semua berasal dari hati yang bersih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONSEP PERNIKAHAN DALAM PANDANGAN ISLAM

NASEHAT INDAH GUNA MENJAGA KEHARM0NISAN DALAM KELUARGA

5 RESEP DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA ISLAMI