Mata yang Bisa Membawamu ke Syurga

 



Mata yang Bisa Membawamu ke Syurga

(Oleh : Dr.H.Sukarmawan,M.Pd.)

MATA YANG TERJAGA DARI API NERAKA
Setiap perbuatan kita tentunya akan kita pertanggungjawabkan  kelak di akhirat nanti. Setiap anggota tubuh kita akan  memberikan kesaksian tentang semua perbuat kita selama di dunia ini. Termasuk mata yang merupakan salah satu anggota tubuh kita . Karunia Allah berupa sepasang mata  akan mempertanggungjawabkan apa yang dilihat di dunia. Oleh karena itu, pandangan mata harus dijaga dari hal-hal yang dapat menjerumuskan ke neraka..

Agar tidak terjerumus ke dalam neraka, tentunya kita harus beriman dan bertakwa kepada Allah swt. Salah satu wujud keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT adalah kehati-hatian diri kita dalam menjaga pandangan mata kita. Sebagaimana Rasullullah SAW bersabda, "Ada tiga pasang mata yang tidak terlihat dalam neraka; (yaitu) mata yang menangis karena takut kepada Allah, mata yang (tidak tertidur untuk) terjaga di jalan Allah, dan mata yang menutup dari apa yang diharamkan oleh Allah." (HR al-Khila'i dan Ibnu Asakir). Penjelasan singkat dari Hadits tersebut adalah sebagai berikut :

1. Mata yang menangis karena takut kepada Allah SWT

Mata yang menangis karena rasa takut kepada Allah SWT tentunya memiliki makna dan nilai yang sangat tinggi di sisi Allah SWT. Mengapa demikian ? karena tangisan seperti inilah dapat menyelamatkan diri Si Pemilik mata tersebut dari azab neraka dan mengangkat derajatnya kelak di sisi Allah SWT dan masuk ke syurga-Nya menjadi sebuah keniscayaan baginya..

Uqban bin Amir pernah mengajukan pertanyaan kepada Rasullullah SAW, "Wahai Rasulullah, apakah keselamatan itu?" Rasulullah menjawab,dengan singkat dan padat "Tahanlah lisanmu, lapangkanlah rumahmu untukmu (maksudnya merasa tenteram di dalamnya), dan tangisilah kesalahan-kesalahanmu." (HR Tirmidzi).

Menangis karena takut kepada Allah SWT menyebabkan seorang hamba mendapatkan perlindungan-Nya di Hari Kiamat nanti.

 

2. Mata berjaga di jalan Allah

Mata seorang hamba yang berjaga di jalan Allah swt, yang berjaga matanya tidak terpejam pada malam hari karena khawatir dan takut terhadap sesuatu yang mungkin akan menimpa agama Allah atau mata seorang mujahid yang tidak terpejam sepanjang malam karena berjaga-jaga dari serangan musuh tentunya dapat memberikan jaminan untuk hamba tersebut kelak masuk ke Syurga-Nya.

3. Mata yang enggan memandang sesuatu yang diharamkan oleh Allah SWT

Allah SWT mewajibkan atas umat-Nya supaya menjaga dan menahan pandangan mereka dari sesuatu yang diharamkan. Sebagaiman Firman Allah SWT yang artinya : "Katakanlah kepada laki-laki yang beriman: Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat." (QS an-Nur [24]:30).

Menjaga pandangan mata memiliki manfaat besar, di antaranya adalah dengan menjaga pandangan mata, berarti telah berpegang teguh pada perintah Allah dan Rasul-Nya, dan membersihkan hati dari pengaruh hawa nafsu dan bisikan setan. Hamba yang memelihara pandangan mata merupakan hamba yang mendapat jaminan untuk bisa masuk ke surge-Nya kelak. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya : "Hendaklah kamu menjamin padaku enam perkara, niscaya aku menjamin surga bagi kamu; jujurlah apabila berbicara sempurnakanlah (janji kamu) apabila berjanji, tunaikanlah amanah apabila kamu diberi amanah, jagalah kemaluan, tundukkanlah pandanganmu dan tahanlah tangan kamu (dari hal yang tidak baik)." (HR at Thabrani).

Pada konteks Hadits yang lainnya, dari Abdullah bin Abbas RA dan dalam riwayat Anas bin Malik RA, bahwa Rasulullah SAW berkata ::

عَيْنَانِ لا تَمَسُّهُمَا النَّارُ أَبَدًا: عَيْنٌ بَاتَتْ تَكْلأُ الْمُسْلِمِينَ فِي سَبِيلِ الله، وَعَيْنٌ بَكَتْ مِنْ خَشْيَةِ الله

"Dua mata yang selamanya tidak akan disentuh oleh api neraka yakni mata yang semalaman menjaga kaum muslimin di peperangan dan mata yang menangis karena takut pada Allah."

Hadist yang telah disampaikan Rasululah SAW ini hendaknya menjadi bahan renungan bagi kita, bahwa sebagai seorang hamba yang telah banyak menerima karunia kenikmatan brupa Panca Indera yang sehat hendaknya senantiasa menjagabya dari perbuatan tercela, terutama indera mata. Seringlah mata kita menangis karena rasa takut kita kepada Allah SWT, gunakanlah mata kita untuk terjaga di jalan fiisabilillah dan jagalah pandangan mata  kita dari hal-hal yang diharamkan. In syaa Allah mata yang demikian yang kelak akan membawa kita ke Syurga-Nya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONSEP PERNIKAHAN DALAM PANDANGAN ISLAM

NASEHAT INDAH GUNA MENJAGA KEHARM0NISAN DALAM KELUARGA

BERSAMA KELUARGA TERCINTA DI SURGA DUNIA DAN SURGA AKHIRAT