Menerapkan Qolbun Salim dalam Keluarga dan Manfaatnya

 

Menerapkan Qolbun Salim dalam Keluarga dan Manfaatnya

(Oleh : Dr.H.Sukarmawan,M.Pd.)

MENERAPKAN QOLBUN SALIM


Qolbun salim dalam keluarga menjadi salah satu titik penting yang harus Anda capai. Dengan memiliki kondisi hati seperti ini, kedamaian dan keberkahan di dalam keluarga akan jauh lebih meningkat. Namun untuk mencapai fase ini tentu bukan hal yang mudah.

Ada beberapa tahap dan proses yang harus dilalui demi mencapai titik tersebut. Tentu saja semuanya dimulai dari diri masing-masing. Lalu kemudian dilanjutkan kepada sosok lain yang ada di dalam keluarga. Lantas bagaimana sebenarnya cara penerapan Qolbun Salim ini di dalam keluarga?

Bagaimana Cara Menerapkan Qolbun Salim dalam Keluarga?

Beberapa ulama mengartikan qolbun salim berbeda-beda. Ada yang mengatakan kalau Qolbun salim ini adalah titik di mana hati merasakan tauhid kepada Allah dan meyakini hari akhir. Namun ada juga yang menafsirkan Qalbun salim sebagai hati yang sehat.

Namun makna dari kedua tafsir tersebut kurang lebih sama. Pada dasarnya qolbun salim ini adalah momen dimana seorang hamba hanya bergantung kepada Allah SWT sehingga membuat hatinya tetap kuat. Ada beberapa cara untuk menerapkan hal ini di dalam keluarga.

1.    Senantiasa mengingat Allah dengan menjaga ibadah

Cara pertama untuk menerapkan qolbun salim dalam keluarga adalah dengan konsisten mengajak mengingat Allah kepada semua anggota keluarga. Baik pasangan, anak, orang tua dan lain sebagainya harus kita ingatkan agar terus mengingat Allah di dalam setiap sela kehidupan. 

2.    Menjaga Lisan dengan Baik

Mereka yang memiliki hati yang baik akan mengeluarkan lisan yang baik. Karenanya salah satu cara terbaik untuk menerapkan qolbun salim ini adalah dengan menjaga lisan. Kalaupun Anda menghadapi permasalahan di dalam keluarga, pastikan untuk hanya mengeluarkan kalimat yang baik saja. 

3.    Membangun rasa percaya kepada keluarga

Jangan lupa untuk membangun rasa percaya yang besar antar anggota keluarga. Ini merupakan salah satu syarat terbaik untuk membangun qolbun salim dalam keluarga. Bagaimana mungkin Anda bisa memiliki hati yang sehat atau baik jika dipenuhi rasa curiga dan dengki?

4.    Saling mengingatkan dalam kebaikan

Hal lain yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah saling mengingatkan di dalam kebaikan. Perintah ini juga sudah tertulis di dalam Surah Al Ashr di dalam Qur’an. Pada hakikatnya, manusia diperintah untuk saling berpesan di dalam kebaikan dan kesabaran.

5.    Menjauhi hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT

Cara terakhir untuk menerapkan qolbun salim dalam keluarga adalah dengan menjauhi semua larangan Allah SWT. Dengan menjauhi larangan Allah, hati Anda akan terjaga dari penyakit dan ini akan membuat kehidupan jadi jauh lebih baik.

Ajaklah keluarga Anda untuk memiliki kebiasaan tersebut. JIka semuanya melakukan hal ini secara konsisten, sudah tentu keharmonisan keluarga Anda akan meningkat atas izin Allah. Namun tentu saja menerapkan hal ini bukanlah hal yang mudah.

Apa Saja Manfaat Menerapkan Qolbun Salim dalam Keluarga?

Ketika Anda menerapkan qolbun salim di dalam keluarga, sudah tentu ada banyak sekali manfaat yang bisa didapat. Salah satu di antaranya adalah keharmonisan keluarga yang terus meningkat bahkan tanpa Anda sadari.

Di sisi lain, qolbun salim ini akan meningkatkan ketenangan Anda di dalam kehidupan baik secara pribadi maupun secara bersama. Ketenangan ini merupakan salah satu aset termahal yang tidak semua keluarga memilikinya. 

Di sisi lain, penerapan qolbun salim juga bisa membuka pintu keberkahan untuk keluarga Anda. Jika ada keberkahan, maka di situlah kebahagiaan akan dirasakan. Pada dasarnya, penerapan qolbun salim dalam keluarga akan menjadi jalan Anda untuk menuju ke surga. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONSEP PERNIKAHAN DALAM PANDANGAN ISLAM

NASEHAT INDAH GUNA MENJAGA KEHARM0NISAN DALAM KELUARGA

BERSAMA KELUARGA TERCINTA DI SURGA DUNIA DAN SURGA AKHIRAT